POSYANDU: Benteng Kesehatan Anak dan Balita

Administrator 16 Juli 2019 12:36:20 WITA

Anak merupakan aset keluarga yang tak ternilai harganya. Kehadiran seorang anak merupakan dambaan setiap keluarga karena akan menjadi penerus silsilah sebuah keluarga. Oleh karena itu kesehatan, pendidikan dan kebahagiaan anak selalu menjadi prioritas nomor satu bagi orang tua.Kesehatan anak perlu diperhatikan mulai sejak dalam kandungan, hingga menyelesaikan masa anak-anak terutama sampai umur 5 tahun (balita). Masa ini sampai anak memasui usia sekolah dinamakan dengan golden period atau usia emas, yang terjadi hanya sekali dan tidak terulang lagi. Di usia ini pondasi karakter dan kesehatan anak dibentuk dengan pola asuh dan pola konsumsi yang diberikan orang tuanya. Pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia ini sangat penting diperhatikan oleh orang tua.

Pemerintah Desa melalui program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) berupaya menjadi sarana bagi orang tua dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang awalnya didirikan sebagai upaya pembangunan kesehatan masyarakat desa yang terintegrasi. Bertempat di Wantilan Desa Pakraman Adat Ngis, Minggu (14/7/2019) pukul 09.00 diadakan pemeriksaan kesehatan dan tumbuh kembang anak seputan Banjar Dinas Ngis, yang didampingi secara langsung oleh Petugas Puskesmas Tejakula dan juga Petugas Kesehatan Poskesdes Desa Tembok. Sebanyak 30 Balita dan anak-anak berkesempatan untuk diperiksa tingkat kesehatannya, dari hasil sementara diketahui semua Balita dan anak-anak dalam kondisi sehat.

Besar harapan proses pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak seyogyanya merupakan kewajiban orang tua bagi anaknya. Namun karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, orang tua dapat memanfaatkan Posyandu sebagai sarana untuk mematau kesehatan anak terutama sampai usia 5 tahun. Ayah atau Ibu memiliki kewajiban yang sama terhadap anak. Demikian juga pemantauan kesehatan anak ke Posyandu bukan kewajiban Ibu semata tapi juga kewajiban ayah sebagai orang tua. Dengan dukungan penuh dari kedua orang tua diharapkan pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berjalan optimal sehingga menjadi calon generasi penerus yang berkualitas yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di masa yang akan datang.

Komentar atas POSYANDU: Benteng Kesehatan Anak dan Balita

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tembok

tampilkan dalam peta lebih besar