"Jangan Sampai Jadi Warga Bodong": Ayo Mulai Buat Dokumen Kewarganegaraan

Administrator 12 Mei 2019 11:29:02 WITA

Dari total Rp. 20.936.000 dana yang dianggarkan melalui APBDesa tahun 2018, total yang dikeluarkan untuk layanan ini hanya Rp. 7.300.000 per Desember 2018, selanjutnya akan kembali dipergunakan pada tahun 2019 dan akan dilaksanakan terus pada tahun-tahun mendatang. 

Selain memberi kemudahan dan berkontribusi terhadap peningkatan angka partisipasi kepemilikan dokumen kependudukan kepada 100 keluarga lebih, layanan ini secara signifikan telah menekan potensi biaya yang seharusnya dikeluarkan warga dengan nilai efisiensi sebesar 86,6% yang diperoleh dari selisih antara standar/expected cost (55.440.000) dengan actual cost (7.300.000).

Menilai layak dan tidak layaknya serta efektif dan tidaknya suatu program yang sudah berjalan atau belum berjalan sepatutnya didahului dengan evaluasi berdasarkan data indikator dan alat ukur sesuai (compatible measuring tools) sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan secara moral dan hukum kepada khalayak. Apapun itu,Desa bersyukur dengan niat sederhana serta biaya tak seberapa telah mampu dan berhasil memberi manfaat bagi masyarakat sekitar karena sejatinya kami ada untuk mereka. 

Komentar atas "Jangan Sampai Jadi Warga Bodong": Ayo Mulai Buat Dokumen Kewarganegaraan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tembok

tampilkan dalam peta lebih besar