Pasraman Perdana Yowana Guna Widya Desa Tembok

Manik Juniantini 13 Juni 2022 12:46:31 WITA

            Yowana Guna Widya, demikian pasraman ini kami namai. Pasraman yang diinisasi desa, diampu oleh STAHN Mpu Kuturan Singaraja, serta didukung penyuluh agama hindu dan bahasa bali di Kecamatan Tejakula.
 
            Pasca diresmikan pada 1 juni lalu, lembaga pendidikan non formal yang dibentuk sebagai wadah untuk membangun akhlak dan budi pekerti anak - anak/remaja berlandaskan nilai - nilai luhur ajaran agama hindu yang dijiwai adat dan budaya ini dimulai tadi pagi. Sedikitnya 80 orang sisya dari siswa kelas IV, V, dan VI di Desa Adat Tembok (Tembok, Bulakan, dan Dapdaptebel) hadir dalam kegiatan perdana pagi ini. Sementara di tempat terpisah, sekelompok "yowana" (remaja) juga mulai belajar "megamel".
 
           Pasraman yang pembelajarannya memadukan metode Sad Dharma (Dharma Tula, Dharma Wacana, Dharma Gita, Dharma Sadhana, Dharma Santhi) dengan pelatihan membuat sarana upacara, "nyurat" dan "ngwacen" aksara bali, serta kegiatan seni semisal menari dan "megamel" ini selanjutnya akan dilaksanakan rutin saban minggu, mulai pukul 8 hingga 10 pagi dalam dua kelompok belajar. Satu kelompok di Balai Desa, sedang satu lainnya di jaba (nista mandala) Pura Bale Agung Desa Adat Tembok.

Komentar atas Pasraman Perdana Yowana Guna Widya Desa Tembok

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tembok

tampilkan dalam peta lebih besar