Pembagian Sembako kepada Lansia dan Disabilitas Oleh Pemerintah Desa Tembok

Administrator 18 Mei 2020 11:57:17 WITA

Pemerintah Desa Tembok melakukan penyerahan bantuan sembako bagi lanjut usia (lansia) dan Penyandang Disabilitas sebanyak 140 Paket, yakni 100 Paket untuk lansia dan 40 untuk Penyandang Disabilitas . Penyerahan sembako kepada lansia disalurkan melalui relawan Desa atas nama Pemerintah Desa Tembok yang akan diberikan kepada orang lansia dan penyandang Disabilitas yang tersebar di wilayah Desa Tembok dengan mengcover 6 Dusun (Bulakan, Tembok, Ngis,Yehbau,Sembung, Dapdaptebel). Kriteria lansia penerima bantuan sembako adalah lansia yang tinggal di keluarga miskin dan penyandang disabilitas yang terkena dampak Pandemi Covid-19

 Penyerahan bantuan sembako dilaksanakan secara langsung dengan sistem jemput bola mendatangi rumah warga penerima bantuan tersebut.Penyerahan sembako ini merupakan salah satu jaring pengaman sosial bagi lanjut usia terdampak Corona Virus Disease (COVID-19) sesuai arahan Menteri Sosial Republik Indonesia tentang penanggulangan COVID-19 bagi Pemerlu Pelayanan Kesejateraan Sosial (PPKS).

 Tujuannya untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar bagi lansia miskin dan Penyandang Disabilitas terdampak wabah COVID-19 di wilayah Desa Tembok. Jenis bantuan sembako meliputi bantuan berupa paket beras,Lauk pauk,sayur, kopi dan gula.

 Mengingat adanya anjuran dari Pemerintah untuk social distancing, maka penyaluran bantuan tidak diperkenankan dilaksanakan dengan cara mengumpulkan lansia di satu area. Penyaluran akan dilakukan oleh petugas perwakilan relawan dengan mendatangi kediaman lansia serta pendokumentasian. 

 Penyaluran bantuan sembako merupakan salah satu upaya “Desa Hadir” bagi masyarakat. Situasi darurat saat ini, mengharuskan Pemerintah Desa dalam hal ini Kementerian Sosial RI dapat mewujudkan performa yang Humanis, Adaptif, Dedikatif, Inklusif dan Responsif untuk menjangkau masyarakat melalui kebijakan dan program-programnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tembok

tampilkan dalam peta lebih besar