Compassion Movement (CM) Fakultas Kedokteran Undiksha di Desa Tembok

Administrator 10 Februari 2020 10:11:41 WITA

Compassion Movement (CM) merupakan bentuk kegiatan pengabdian secara langsung dari sebuah lembaga institusi kepada masyarakat. Kegiatan CM ini dilaksanakan untuk pertama kalinya oleh Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Desa Tembok. Pengabdian kepada masyarakat juga merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, hal ini sangat penting sebagai wujud nyata aplikasi ilmu pengetahuan dalam bidang pelayanan kesehatan di dalam komunitas masyarakat. Kegiatan Pengabdian masyarakat pada kesempatan ini telah dilakukan pada Minggu (9/2/2020) yang bertempat di Kantor Perbekel Tembok.Kecamatan Tejakula,Kabupaten Buleleng. Kegiatan CM ini dilaksanakan untuk pertama kalinya oleh Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Kegiatan ini mendapat sambutan luar biasa dari warga Desa Tembok yang membutuhkan layanan kesehatan dengan mendatangi lokasi pelayanan, panitia menyediakan tempat mendaftarkan untuk antrian menerima pelayanan kesehatan, dari balita, Ibu hamil dan lansia.

dr. Nia selaku perwakilan dari Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha menjelaskan bahwa kegiatan Pelayanan Kesehatan di ikuti oleh Seluruh dosen, Staf, dan mahasiswa kedokteran, dimana mahasiswa bertugas untuk melakukan anamnesis terhadap keluhan klien dan pengecekan tanda vital yaitu tekanan darah serta denyut nadi. Sedangkan Team kesehatan/ dosen berpartisipasi dalam pemberian pengobatan gratis dan konseling terkait dengan pengaturan gaya hidup dan makanan (gizi) sesuai dengan penyakit klien menggunakan metode cermah dan leaflet. 

“Dengan dilakukannya kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh anak anak kita, untuk dapat memanfaatkan kesempatan untuk menerima pelayanan kesehatan yang berlangsung selama sehari. Apabila ada penyakit pada diri kita masing-masing, maka lakukan pengobatan, agar lebih tubuh kita sehat, tubuh sehat, hati sehat, beraktivitas pun jadi sehat” tutur Kepala Desa Tembok.

Sementara peserta pelayanan kesehatan wayan Lanus (56) warga Tembok, saat ditemui usai menerima pelayanan kesehatan mengatakan,  “Dokter dan panitia sangat ramah dan baik memberikan perhatian dan pelayanan kepada pasien, sehingga derita sakit yang dialami diperiksa dan diberikan pengobatan dan gunakan obat yang diberikan sesuai petunjuk,” tutur lanus.

Tentu kegiatan seperti ini bisa dilakukan terus menerus karena membawa dampak positif bagi warga yang membutuhkan sehingga Harapan ke depan adalah mampu menjadikan mahasiswa yang tidak hanya kaya akan pengetahuan dan keterampilan di ranah nasional, namun juga dapat bersaing di dunia internasional. Semakin lama tuntutan di segala bidang akan berlomba menunjukkan mutu dengan kualitas terbaik, dibidang bidang kesehatan.

 

Komentar atas Compassion Movement (CM) Fakultas Kedokteran Undiksha di Desa Tembok

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tembok

tampilkan dalam peta lebih besar