Serangkaian HUT RI-74, Sebagai Tonggak Promosi Potensi Desa

Administrator 07 Oktober 2019 12:24:30 WITA

Sekali merdeka tetap merdeka, sekiranya ungkapan tersebut menyiratkan keantusiasan masyarakat dalam menyambut HUT RI-74 yang jatuh pada tanggal 17 agustus 2019 lalu. Semangat tersebut juga nampak pada Pemerintah Desa Tembok yang memfasilitasi berbagai kegiatan dalam menyemarakkan agenda setahun sekali tersebut. Kegiatan tersebut diwarnai dengan berbagai lomba-lomba lucu yang melibatkan warga setempat, ada pula tampilan Bondres serta adanya festival kuliner dan festival kerajinan tangan yang memang diproduksi oleh masyarakat lokal dengan tetap memperhatikan lingkungan yang sedang mengaungkan bebas sampah plastik. Kegiatan ini difocuskan di Perempatan Jalan Desa Tembok yang dimulai pada pagi hari pukul 10.00 wita dengan kegiatan berbagai lomba, diantaranya: lomba junjung botol, lari karung, lomba makan kerupuk dan banyak lagi lomba lainnya. Pada sore hari pukul 18.00 wita agenda pembukaan festival kuliner dan kerajinan tangan dimulai, festival ini dibuka secara umum untuk masyarakat lokal yang ingin mempromosikan hasil karyanya.

Desa tembok sendiri sebenarnya merupakan Desa yang produktif akan segala jenis potensi yang dimiliki, baik dibidang pertanian, budaya, peternakan dan kerajinan tangan serta kuliner, namun selama ini belom dioptimalisasikan dengan baik. Oleh karena itu Pemerintah Desa Tembok berupaya untuk mendorong potensi lokal desa agar mampu bersaing dengan masyarakat luar dengan salah satu caranya mengadakan promosi festival kuliner dan kerajinan tangan yang bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-74 yang diadakan di Desa Tembok. Tentu kegiatan seperti ini membawa dampak yang baik bagi warga sendiri untuk meningkatkan taraf hidupnya. diharapkan kegiatan ini akan berlangsung secara berkelanjutan sehingga bisa menampung potensi Desa yang jauh lebih banyak lagi.

Adapun Festival kuliner yang ditampilkan adalah sebagai beriku:

  1. Jaje Lukis
  2. Jaje Laklak
  3. Jaje Lapis
  4. Jaje Kukus Ketan
  5. Jaje Sumping
  6. Jaje Wajik
  7. Jaje Dadar
  8. Jaje Tulud
  9. Jaje Bantal
  10. Gula Merah
  11. Gula Juruh
  12. Lengis Tandusan
  13. Olahan Mete
  14. Arak/Tuak Alami 

Sedangkan untuk kerajinan tangan yang ditampilkan pada festival kali ini adalah:

  1. Anyaman Inka
  2. Anyaman Keranjang
  3. Anyaman Tas Ata

diharapkan kedepannya akan lebih banyak lagi potensi desa yang bisa ditampilkan dalam even yang jauh lebih besar lagi, sehingga nantinya bisa melibatkan banyak kalangan serta bisa memberikan income bagi masyarakat Desa Tembok itu sendiri.

Komentar atas Serangkaian HUT RI-74, Sebagai Tonggak Promosi Potensi Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tembok

tampilkan dalam peta lebih besar