Ayo Datang Ke Posyandu

Administrator 21 Mei 2019 12:49:41 WITA

Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa.  Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu). Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya.

Posyandu dikembangkan atas prakarsa Presiden Soeharto pada tahun 1984, Posyandu dulu pernah menjadi kebanggaan rakyat. Setiap bulannya, rakyat berbondong-bondong mendatangi Posyandu yang dikelola berbasiskan komunitas. Tenaga sukarelawan kesehatan di Posyandu—yang telah mendapatkan pelatihan dari dinas kesehatan setempat—memberikan panduan kesehatan bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Selain itu, Posyandu juga memberi vaksinasi dan makanan suplemen kepada bayi dan balita. Posyandu juga menjadi media deteksi dini kasus-kasus malagizi dan kekurangan gizi pada bayi dan balita.

Kegiatan Posyandu di Desa Tembok sendiri dilaksanakan sebulan sekali yang menempatkan beberapa titik sentral dalam pelayanannya sesuai dengan jumlah Dusun yang terdapat Di Desa Tembok. Titik Posyandu tersebut meliputi, Dusun Tembok, Yehbau, Ngis, Dapdaptebel, Sembung, dan Bulakan. Dalam kegiatan Posyandu ini melibatkan Bidan desa beserta staff Poskesdes serta melibatkan kader-kader Posyandu yang mewakili tiap-tiap Dusunnya. Tentu kegiatan Posyandu ini membawa dampak positif bagi warga untuk mengetahui standar kesehatan yang baik, guna memberikan pemahaman bagi masyarakat yang kurang mengerti akan kesehatan maupun hal-hal yang mesti dilakukan dalam mempersiapkan diri menjadi lebih sehat lagi.Dalam pelaksanaan posyandu, modal sosial menjadi energi untuk menggerakkan dan memberi semangat mengadakan posyandu.  Kader posyandu yang melaksanakan kegiatan ini patut mendapat apresiasi, karena telah mendonasikan tenaga, pikiran untuk acara posyandu. 

Komentar atas Ayo Datang Ke Posyandu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tembok

tampilkan dalam peta lebih besar