Community Service Sispala Intaran SMA N Bali Mandara di Desa Tembok

Manik Juniantini 22 Juni 2019 07:51:38 WITA

Salah satu kegiatan positif yang yang dilakukan oleh siswa Sispala Intaran SMA N Bali Mandara adalah kegiatan Community Service, sebagai bentuk kegiatan pelayanan serta kepedulian kepada masyarakat. Kegiatan ini ternyata ditujukan kepada Desa Tembok, Kec. Tejakula, Kab. Buleleng yang dirasa memiliki nilai tersendiri dalam bidang penggelolaan sumber daya alam. Suatu kebanggan juga bagi Desa Tembok terpilih untuk program Community Service ini pada tahun 2019. Community Service ini diprakarsai oleh Sispala Intaran SMA N Bali Mandara yang berlokasi di Desa Kubutambahan, Kec.Kubutambahan, Kab.Buleleng yang didampingi secara langsung oleh Pembina Sispala, Ketut Arianto Nurcohyo. Penerjunan Tim Community Service ke Desa Tembok terdiri dari 18 siswa yang notabene siswa kelas XI DAN XII dan diterima langsung oleh Perbekel Desa Tembok, Dewa Komang Yudi Astara.

Pelaksanaannya dimulai dari 17 Juni 2019 sampai 21 Juni 2019, yang berlokasi di Banjar Dinas Tembok, Desa Tembok. Fasilitas sarana dan prasarana untuk memperlancar kegiatan tersebut, sudah disiapkan oleh Perangkat Desa, yaitu di Aula Kantor Desa, dikarenakan pola kemandirian dan ketidakmanjaan yang selama ini di bentuk oleh sekolah Bali Mandara untuk peserta didiknya, maka mereka mengambil tempat dan mendirikan tenda seadanya di Demplot Sayur dan Buah yang dikelola oleh Desa Tembok. Adapun Tujuan dari kegiatan ini bentuk pengabdian kepada masyarakat serta secara tidak langsung ikut membantu percepatan program Desa di bidang Pertanian dan Lingkungan yang selama dihadapi oleh Desa Tembok yang masih memerlukan tenaga tambahan dalam mengeksekusi kegiatan-kegiatan yang direncanakan di tahun anggaran 2019.

Titik focus agenda pelayanan di Desa Tembok menitikberatkan pada 2 aspek, yakni aspek SDA dan SDM dengan rincian kegiatan sebagai berikut:

  1. Pemetaan populasi dan potensi pohon kelapa di Desa Tembok, sample diambil di dangin tukad Banjar Dinas Tembok
  2. Pemetaan populasi, cara dan perawatan serta pemanfaatan hasil mangga
  3. Percobaan penerapan sistem perpustakaan di Desa Tembok
  4. Pemetaan sumber daya ikan beserta analisisnya
  5. Pemetaan pelayanan kuantitas dan kualitas bengkel-bengkel sepeda motor dan mobil yang ada di wilayah Desa Tembok

"Salut kepada adik-adik dari Bali Mandara yang mengadakan kegiatan sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada Desa. Tentu dengan adanya kedatangan dari mereka akan membawa dampak fositif serta ikut meringankan sedikit kendala yang dihadapi Desa Tembok, khusus untuk masalah sumber daya manusia yang mengerti akan pengembangan potensi yang dimiliki oleh Desa. Begitu besarnya dedikasi yang diberikan kepada desa, diharapkan akan bisa memotivasi dan lebih giat lagi mengembangkan ide-ide kreatif dari masing-masing stake holder Desa untuk membangun Tembok yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya," jelas Dewa Yudi (20/6/2019).

Lanjut Dewa Yudi, kegiatan yang dilangsungkan selama 5 hari ini, tentu ibarat mendapat angin segar serta nantinya kegiatan ini akan berkelanjutan, dan tidak menutup kemungkinan akan diadakan MOU dengan pihak sekolah Bali Mandara atau sekolah lainnya dalam hal pengembangan pelayanan kepada Desa.

 

Komentar atas Community Service Sispala Intaran SMA N Bali Mandara di Desa Tembok

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tembok

tampilkan dalam peta lebih besar